Sabtu, 01 Februari 2014

Resep Es kacang merah

Es kacang merah
es kacang merah.jpgBahan:
  200 gram kacang merah kering
  1 liter air
●1/2 sendok teh garam
●4 sendok makan gula pasir
●1/2 sendok teh vanili bubuk
●2 sendok makan gula merah, sisir
●1 sendok makan coklat bubuk, cairkan dengan 100 ml air sebelum dimasukkan ke dalam rebusan kacang





Kuah:
●300 ml santan kental, saya menggantinya dengan susu cair
1 sendok makan tepung maizena
Pelengkap:
Es batu 
Susu kental manis

Cara membuat:
1 hari sebelumnya, rendam kacang merah dalam air hingga semua bagian kacang terendam,biarkan semalaman hingga kacang mengembang dan empuk. Didihkan 2 liter air di panci, masukan kacang dan rebus hingga kacang benar-benar empuk. Jika kacang telah empuk, masukkan gula,garam vanili,coklat bubuk dan masak hingga gula meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sisihkan.

Membuat kuah :
Masukkan santan/susu cair dalam panci, larutkan tepung maizena dengan santan/susu cair hingga larut kemudian masukkan kedalam santan atau susu. Hidupkan kompor dan masak hingga santan mendidih dan kental, aduk-aduk selama santan di masak agar tidak pecah. Angkat.

Cara penyajian :
Siapkan mangkuk saji,masukkan beberapa sendok kacang merah beserta saus coklat rebusannya, tuangkan kuahnya dan tambahkan es batu serut diatasnya. Siram dengan susu kental manis. Es kacang merah siap di santap.

Manfaat Kacang Merah :
·         Mencegah kolesterol jahat dan memperlancar pencernaan (anti sembelit). Kandungan fibernya yang tinggi difermentasi dalam usus besar dan menghasilkan asam-asam lemak rantai-pendek, yang dapat menghambat sintesis kolesterol hati.
·         Mencegah resiko diabetes karena kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna.
·         Membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri (sehingga mengurangi resiko penyakit jantung).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar